SKRIPSI

Penulis / NIM
MANSUR M. A. PANEO / 151413319
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Mansur A. Paneo. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SDN 6 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi S-1 Jususan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games And Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN 6 Suwawa Tengah?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games And Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN 6 Suwawa Tengah Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan tujuan mendeskripsikan gambaran kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games And Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN 6 Suwawa Tengah Kota Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I, dari 20 siswa, diperoleh 9 siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 45% siswa memperoleh nilai minimal 70 ke atas dan 11 siswa dinyatakan belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 55% siswa memperoleh nilai di bawah 70. Hal ini belum sesuai dengan indicator kinerja yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II, diperoleh 19 siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 95% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, dan 1 siswa dinyatakan belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar atau 5% siswa memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Teams Game Tournament (TGT), Sifat-sifat Bangun Datar
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011