SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATY MOHUNE / 151413327
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK FATMAWATY MOHUNE. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Penerapan Metode Inquiri Di Kelas V SDN I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango. Program Strata I (Satu) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM. dan Pembimbing II Dr.Sukirman Rahim,S.Pd,M.Si Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode inquiri. Penelitian tindakan yang telah dilakukan meliputi : 1)Perencanaan, 2). Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah dengan menggunakan metode inquiri pada materi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar Siswa di Kelas V SDN I Tapa Kabupaten Bonebolang?". Tujuan dari penelitian adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Penerapan Metode Inquiri Di Kelas V SDN I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango. Hipotesis dalam penelitian Jika Guru Menggunakan Metode Inquiri Pada Materi System Peredaran Darah Manusia Maka Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN I Tapa, Kabupaten Bonebolango akan Meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan penerapan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi system peredaran darah manusia, keberhasilan pada siklus I adalah sebesar 72,% dengan nilai rata - rata 72, dan siklus II 88 % dengan nilai rata- rata 88, maka hasil belajar siswa pada materi system peredaran darah manusia melalui penerapan metode pembelajaran inquiri di Kelas V SDN I Tapa, Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango meningkat 16 %. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Inquiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi System Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SDN I Tapa, Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango Kata kunci : Hasil, Belajar, Metode, Inquiri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011