SKRIPSI

Penulis / NIM
NURMALLA A. AKASE / 151414056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Nurmala A. Akase. 2018. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Membaca Puisi Pada Siswa Kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Pembimbing 1 Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd Permasalahan dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca puisi. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dengan indikator penilaian: lafal, intonasi, ekspresi, dan mimik. Dari penilaian tersebut tidak terdapat siswa yang sangat mampu, 4 siswa mampu, 7 siswa kurang mampu, dan 17 siswa yang tidak mampu dalam membaca puisi berdasarkan metode demonstrasi. Dapat disimpulkan bahwa hampir sebagian siswa kelas IV SDN 13 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo tidak mampu dalam membaca puisi menggunakan metode demonstrasi. Kata Kunci : Membaca Puisi, Metode Demonstrasi ABSTRACT Akase, Nurmala A. 2018. The Application of Demonstration Method in Reading Poetry at Grade IV Students, Elementary School SDN 13 Telaga Biru Gorontalo Regency. Department of Elementary Teacher Education. Principal Supervisro: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Co-supervisor: Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. This qualitative descriptive research is aimed at describing the application of demonstration method in reading poetry at grade IV students, Elementary School SDN 13 Telaga Biru, Gorontalo regency; this is formulated based on the problem of this research. Based on the assessment indicators; articulation, intonation, gesture, and facial expression, the result indicates that no students perform excellentlyin reading poetry. However, four students are able to read poetry, seven students have adequate skill, and 17 students are not capable of readingpoetry. In consequence, this research concludes that there are some students in the site area who cannot read poetry by using the demonstration method. Keywords: Reading Poetry, Demonstration Method
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011