SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL MUZAR MOKOGINTA / 151414079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Mokoginta, Abdul Muzar. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen, menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V, sampel yaitu 20 siswa kelas VA (kelas eksperimen) dan 20 siswa kelas VB (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes sebagai pendukung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t independen. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen (74,3) lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol (49,0). Pada uji hipotesis penelitian menunjukan nilai thitung = 7,174 > ttabel = 1,686. Maka berdasarkan kriteria pengujian, hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Role Playing terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci: Model Role Playing, Aktivitas Belajar Siswa, Pembelajaran IPA. ABSTRACT Mokoginta, Abdul Muzar. 2018. The Influence of Using Role-Playing Learning Model on Students' Learning Activities on Science Subject In Grade V SDN 77 Kota Tengah Elementary School of Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education. Faculty of Education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. Co-Supervisor: Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd. The problem statement of this research is "are there any Influence of Using Role-Playing Learning Model on Students' Learning Activities on Science Subject in Grade V SDN 77 Kota Tengah Elementary School of Gorontalo City?" The purpose of this research is to understand the Influence of Using Role-Playing Learning Model on Students' Learning Activities on Science Subject in Grade V Elementary School SDN 77 Kota Tengah Elementary School of Gorontalo City. This research is quantitative research with true experiment method, using Only Post-test Control Group Design. The population of the study were all students of grade V; the samples were 20 students of grade VA class students (experimental class) and 20 students of grade VB (control class). The data were collected by using students' observation sheet, and test as supporting tools. The hypothesis was tested by using independent t-test. Based on the result of research, the average of students' learning activity in experimental class is (74.3) higher than students' learning activity in control class (49.0) The research hypothesis test shows value of tcount = 7.174 > tlist = 1.686. In other words, based on the testing criteria, the hypothesis H1 is accepted, and the H0 is rejected. Therefore, it can be concluded that there are some influences of using Role Playing learning model on students' learning activities on science subject in Grade V SDN 77 Kota Tengah Elementary School of Gorontalo City. Keywords: Role Playing Model, Students' Learning Activity, Science Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011