SKRIPSI

Penulis / NIM
DEWI LESTARI / 151414111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Dewi Lestari. 2018. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas III SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole,M.Pd. Masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep pecahan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas III SDN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas III SDN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain Pre-Experimental yaitu One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep pecahan siswa sebelum menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yaitu 63 dan sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yaitu 80. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 22,693, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan = 0,05 adalah 2,045. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep pecahan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas III SDN 1 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Efektivitas, Realistic Mathematics Education (RME), Pemahaman, Konsep Pecahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011