SKRIPSI

Penulis / NIM
LARASATI SIDIKI / 151415060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK Larasati Sidiki. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 82 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M,Si. Rumusan masalah Bagaimana penerapan model pembelajaran problem based instruction dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 82 Kota Tengah Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 82 Kota Tengah Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Problem Based Instruction. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siklus pertemuan 1 dan pertemuan 2 dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 82 Kota Tengah Kota Gorontalo, hal ini ditinjau dari meningkatnya motivasi belajar siswa dari 63% naik menjadi 87%. Kata Kunci : Problem Based Instruction, Motivasi belajar. ABSTRACT Larasati Sidiki. 2019. Application of Learning Model Problem Based Instruction to Increase Student Learning Motivation in Subjects of Class IV Civic Education in SDN 82 Kota Tengah Gorontalo City. Essay. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Elmia Umar, M.Pd and Advisor II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M, Si. Problem formulation How is the application of problem based instruction learning models in increasing student learning motivation in subjects in class IV Civics SDN 82 Kota Tengah Gorontalo City? The purpose of this study was to increase student motivation in PKn subjects in grade IV SDN 82 Kota Tengah Gorontalo City through a Problem Based Instruction learning model. The method used is classroom action research with the subject of the research are class IV students, amounting to 20 students. This research was carried out in the form of a cycle and each cycle consisted of 4 stages, namely the planning stage, the implementation phase, the observation and reflection stages. Based on the research conducted in the first meeting cycle 2 and meeting 2 it can be concluded that using a learning based problem learning model can increase student learning motivation in PKn subjects in grade IV SDN 82 Kota Tengah Gorontalo City, this is viewed from increasing student learning motivation from 63 % rose to 87%. Keywords: Problem Based Instruction, Motivation to learn.
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011