SKRIPSI

Penulis / NIM
MEYDI CHRISTI BUDIMAN / 151415119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Meydi Christi Budiman, 2019 .Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil be-lajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD No.27 Dungingi kota gorontalo.. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Rustam I.Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini ..."Adakah Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SD No. 27 Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui ..."bertujuan untuk mengetahui ..."Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SD NO. 27 DUNGINGI KOTA GORONTALO .Penelitian ini dilakukan di SD No. 27 Dungingi padasemester genap tahun ajaran 2018/2019, Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah ..."ex post facto Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDNo.27 Dungingiyang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD No. 27 Dungingi Kota Gorontalo. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian t untuk variabel X ..."Lingkungan Belajar diperoleh nilai thitung = 3.318. Hasil tersebut jika dibandingkan dengan t-tabel menggunakanbatas signifikan 0,05 dan nilai df n-k diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,048, sehingga t-hitung > t-tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis uji t variabel Lingkungan Belajar berpengaruh signifikan dan hipotesis penelitian dapat dibuktikan atau diterima. Dengan demikian pada tingkat kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa indikator Lingkungan Belajar berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar siswa.Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil penelitian, menunjukan terdapat Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD No. 27 Dungingi kota gorontalo. Kata kunci: lingkungan belajar, hasil belajar.
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011