SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR'AIN YUSUF / 151415166
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Nur'ain Yusuf 2019 . Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Haris Mahmud, S.Pd. M.Si., Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Expo Facto. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 44 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Sekelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo . Hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi yang menunjukkan nilai r = 0,985 lebih besar dari 0,05. Besarnya pengaruh pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa yaitu r =0,985 atau r2 = 97% Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar ABSTRACT Nur'ain Yusuf 2019 . The Influence of the Family Environment on Student Learning Achievement in Social Sciences Class V of Neighborhood Siendeng Elementary School in Hulonthalangi District, Gorontalo City, Department of Primary School Teacher Education, faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dr. Haris Mahmud, S.Pd. M.Sc., Advisor II Muhammad Sarlin, S.Pd. M.Pd. The formulation of the problem in the study is a..."Is there an influence of the family environment on student learning achievement in social studies subject in grade V of Neighborhood Siendeng Elementary School, Hulonthalangi District, Gorontalo City?. This study aims to determine the effect of the family environment on student learning achievement on social studies subjects in grade V of Neighborhood Siendeng Elementary School, Hulonthalangi district, Gorontalo City. The Model used in this study is the Expo Facto model. This study uses data collection techniques through questionnaires. The sample of this study was class V which numbered 44 people. The result showed that 1) there was a significant effect of the influence of the family environment on student learning achievement on social studies subject at SD Neighborhood Siendeng, Hulonthalangi District, Gorontalo City. This is evidenced from the results of the regression test which shows the vaalue of r = 0,985 greater than 0.05. The magnitude of the influence of the family environment on student learning achievement is r = 0,985 or r2 = 97%. Keyword: Family Environment, Learning Achievement
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011