SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI WAHYUNA ISMAIL / 151415182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK Sri Wahyuna Ismail. 2019. Efektivitas penggunaan media gambar dalam memotivsi belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SDN 06 Kota Barat Kota Gorontalo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hakop Walangadi S.Pd, M.Si. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan yaitu ..."Apakah melalui media gambar dapat memotivasi siswa yang dapat membuat pembelajaran menjadi efektif?Penelitian ini bertujuan dengan melalui media gambar ini dapat memotivasi siswa kelas V di SDN 06 Kota Barat, yang dapat membuat pembelajaran lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan media gambar Di SDN 06 Kota Barat untuk siswa kelas V dapat membantu guru dalam memotivasi siswa dalam belajar. Untuk mencapai hal tersebut guru mengadakan berbagai persiapan untuk membuat media yang sesuai dengan materinya, tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan siswa sehingga siswa bisa menerima materi dengan baik, yang membuat pembelajan menjadi kondusif dan efektif. hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dan observasi dari aktivitas guru memperoleh presentasi 81%, mendapat respon baik dari aktivitas siswa dengan presentasi 76%, dan diperkuat dengan pemberian angket memperoleh presentasi untuk indikator 1 adanya hasrat dan keinginan berhasil memperoleh presentasi 72% yang dapat dikategorikan baik, indikator 2 adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar memperoleh presentasi 73% yang dapat dikategorikan baik, 3 adanya harapan dan cita-cita masa depan memperoleh presentsi 71% yang dapat dikategorikan baik, 4 adanya penghargaan dalam belajar meperoleh presentasi 72% yang dapat dikategorikan baik, 5 adanya kegiatan yang menarik dalam belajar memperoleh presentasi 68% yang dapat dikategorikan baik, 6 adanya lingkungan belajar yang kondusif memperoleh presentasi 68% yang dapat dikategorikan baik, dengan hasil akhir dari 6 indikator memperoleh presentasi 71% yang dapat dikategorikan baik. Dari hasil yang diperoleh penggunaan media gambar efektif dalam memotivasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SDN 06 Kota Barat. Kata Kunci : Media Gambar, Motivasi Belajar Siswa. ABSTRACT Ismail, Sri Wahyuna, 2019. The Effectiveness of Using Pictures as Learning Media to Improve Students Learning Motivation in Social Sciences Subject; A Study Conducted at Grade V of Elementary School SDN 06 Kota Barat, Gorontalo. Undergraduate Thesis. Departement of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Co-Supervisor: Dra. Hakop Walangadi S.Pd, M.Si. This qualitative research is intended to improve grade V students learning motivation by using pictures as learning media in elementary school SDN 06 Kota Barat and make the learning process more effective; this is formulated from the problem of this research The results reveal that the use of pictures as learning media is able to help the teacher improve students learning motivasion. The teacher prepares the media which are in accordance with the learning materials, learning objectives, and studentscondition to achieve a conducive and effective learning process. This is proven by the results of the interview and observation that teachers activities arrive at 81% and students activities get 76%. Moreover, the questionnaire result for indicator 1 (willingness to learn) successfully reaches the percentage of 72% or good category; indicator 2 (encouragement and needs in learning) achieves 73% or good category; indicator 3 (future dream) gets 71% or good category; indicator 4 (learning appreciation) arrives at 72% or good category; indicator 5 (attractive learning activities) measures at 68% or good category; indicator 6 (conducive learning environment) reaches 68% or good category. The final result is that those six indicators achieve the percentage of 71% or good category. All in all, using pictures as learning media is effective to motivate students in learning Social Sciences in the site area. Keywords: Pictures Media, Students Learning Motivation
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011