Penulis / NIM
NURAIN U. GUSASI / 153408146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Nurain Gusasi, Skirpsi ”Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Bermain Bilangan Pada Anak Kelompok B TK Anggrek Pilolalenga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo” Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, M.Pd dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain bilangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada Anak Kelompok B TK Anggrek Pilolalenga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Tujuan Penelitian untuk Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode bermain bilangan pada anak Kelompok B TK Anggrek Pilolalenga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Metode Penelitian Tindakan Kelas ini dianalisis secara deskritif kualitatif. Penelitian dilaksanakn dua siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan, evaluasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal hanya 11 orang anak atau 55% dari 20 orang anak mendapat kriteria tidak mampu sedangkan 9 orang anak atau 45% anak mendapat kriteria mampu. Pada siklus I terdapat 14 orang anak atau 70% anak yang mendapat mampu.dan pada Siklus II meningkat menjadi 17 orang anak atau 85% yang memperoleh kriteria mampu dan 3 orang anak atau 15% memperoleh kriteria tidak mampu.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain bilangan meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Anak Kelompok B TK Anggrek Pilolalenga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Metode bermain bilangan, kemampuan berhitung permulaan,
Download berkas