SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSALINA HIPI / 153410036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
Rosalina Hipi. 2014. Peranan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kelompok Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Peran Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kelompok Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kelompok Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah guru. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan Peran Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kelompok Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo, yakni guru belum maksimal dalam menjalankan perannya dalam menerapkan model pembelajaran kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu peran guru dalam menerapkan model pembelajaran kelompok di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo telah dijalankan namun belum maksimal. Dimana telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa terdapat tiga peran guru yang menunjang dalam model pembelajaran kelompok yakni guru sebagai perencana, guru sebagai pengelola dan guru sebagai pelaksana. Dan dalam menjalankan ketiga peran tersebut guru mengalami beberapa kendala diantara menyangkut kesiapan guru, Media serta kesiapan peserta didik serta kesesuaian atau ketepataan penataan ruang kelas yang belum sesuai dengan ketepataan penataan ruang kelas sesuai dengan model pembelajaran kelompok.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011