SKRIPSI

Penulis / NIM
NANGSI / 153410038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Nangsi. 2014. Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Media Pembelajaran Di Kelompok B TK PGRI Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Tim Pembimbing: Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penyebab materi pelajaran sulit dipahami anak, diantaranya adalah media pembelajaran yang digunakan belum optimal hal ini dikarenakan guru kurang kreatif tentang perannya dalam merancang pembelajaran. Guru juga kurang memperhatikan media pendukung dalam kelas dan lingkungan sekolah sesuai standar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Metode ini dengan maksud untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengoptimalkan media pembelajaran di Kelompok B TK PGRI Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian bahwa guru mampu menciptakan lingkungan kelas dan media pembelajaran dengan baik, mempermudah anak dalam menuangkan ide-ide dan memberikan anak inspirasi dan motivasi anak dalam belajar. Guru mampu memberikan hasil pemikiran/evaluasi materi, bahan, serta media sehingga mengembangkan imajinasinya, menimbulkan antusias anak, meningkatkan motivasi, kemudian anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa Peran guru di Kelompok B TK PGRI Ponding-Ponding Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan yang berkaitan dengan media pembelajaran yaitu sebagai pengelolah kelas dan sebagai mediator, jika peran ini diterapkan dengan baik dan optimal akan memperlihatkan hasil yang optimal terhadap perkembangan anak. Kata Kunci: Guru, Media Pembelajaran
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011