SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA IDRUS / 153410077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ANITA IDRUS. 2014. Meningkatkan kemampuan menulis angka 1-10 melalui teknik belajar sambil bermain pada anak kelompok A di TK Kihajar Dewantoro Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, apakah melalui teknik belajar sambil bermain dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menulis angka 1-10 di TK Kihajar Dewantoro Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat kemampuan menulis angka 1-10 pada anak. Yang menjadi subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata siklus I (26.66%) dari observasi awal. Yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 58.33% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (48.33%) dari observasi awal. Yakni dari 31.67% pada observasi awal meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk melakukan kegiatan belajar sambil bermain. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu mereka untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dilakukan. Di samping itu anak pula dirangsang untuk meningkatan kemampuan anak menulis angka 1-10 sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK. Dengan melihat hasil capaian yang ada, maka hipotesis penelitian tindakan kelas yang menyatakan: "Jika guru menggunakan teknik belajar sambil bermain, maka kemampuan menulis angka 1-10 pada anak kelompok A TK Kihajar Dewantoro Kota Gorontalo akan meningkat, dapat diterima". Kata kunci : kemampuan menulis angka 1-10, teknik belajar sambil bermain.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011