Penulis / NIM
HAWAMI I. FULMAN / 153410079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Hawami I. Fulman. 2014 NIM 153 410 079. Peran Guru Dalam Meminimalkan Perilaku Buruk Pada Anak Kelompok B di TK Islam Ami Tumuhu Kelurahan Pohe Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan bimbingan II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, Bagaimana Peran Guru Dalam Meminimalkan Perilaku Buruk Pada Anak Kelompok B TK Islam Ami Tumuhu Kelurahan Pohe Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimalkan perilaku buruk pada anak kelompok B di TK Islam Ami Tumuhu Kelurahan Pohe Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian dapat dijelaskan dengan wawancara 2 orang guru, dengan jumlah anak yang di adakan sebagai sumber data adalah 20 orang anak, yang memiliki perilaku buruk berjumlah 6 orang anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengumpulan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Dalam Meminimalkan Perilaku Buruk Pada Anak kelompok B di TK Islam Ami Tumuhu Kelurahan Pohe Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo sudah optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara yaitu Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama membimbing, dan sebagai teladan pada pendidikan formal. Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku buruk pada anak kelompok B di TK Islam Ami Tumuhu Kota Gorontalo sudah dapat diminimalkan.
Kata kunci : Peran Guru, Perilaku Buruk
Download berkas