SKRIPSI

Penulis / NIM
WISRIANI BEMANG / 153411054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
ABSTRAK Wisriani Bemang. 2016. Deskripsi Sifat Pemalu Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd Dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana mendeskripsikan sifat pemalu anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sifat pemalu pada anak Kelompok B di TK Pembina Kihajar Dewantoro Kecamatan Kota Selatant Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah guru. Data di analisis secara kualitatif. Berdasarlan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 anak dapat dilihat dari enam indikator; a) kurang berani berbicara dengan guru dan teman, b) anak selalu gugup, c) anak menghindari bertatapan mata dengan lawan bicara, d) bersikap pasif/menolak perintah, e) sering memilih untuk melakukan aktifitas sendiri, f) kurang percaya diri. Dimana terlihat bahwa indikator yang paling tinggi nilai persennya adalah indikator bersikap pasif/menolak perintah. Dimana pada indikator ini anak yang sudah mau melakukan perintah sebanyak 19 orang atau sekitar 90,4%, dan anak yang belum bisa melakukan suatu perintah 2 orang atau sekitar 9,52%. Sedangkan indikator yang paling menonjol sifat pemalunya adalah indikator yang terakhir yaitu kurang percaya diri. Dimana masih terdapat 8 anak atau sekitar 38 % anak yang belum memiliki percaya diri, hal ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor yang bergantung pada latar belakang dan status seseorang, lingkungan, hubungannya dengan dunia luar dan lain-lain. Meskipun demikian guru selalu memberikan pujian atas hasil kerja kerasnya meski hasilnya tidak seperti yang di inginkan, mengajak anak bersosialisasi, tidak memanjakan anak, dan membiasakan anak untuk membuat sendiri keputusan sehingga akan melatih dirinya untuk percaya diri bahwa keputusan yang dia ambil adalah benar dan hal tersebut yang harus kita dukung secara terus menerus. Kata Kunci : Sifat Pemalu Anak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011