SKRIPSI

Penulis / NIM
NOLLA CHRISTY SANGGILANG / 153411072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Nolla Christy Sanggilang, 2016. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd, Dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang pengaruh media audio visual terhadap keterampilan berbicara anak di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian Eksperimen Semu. Desain penelitian yang digunakan adalah (One Group Pretest and Posttes). Penelitian ini difokuskan pada siswa kelompok B Nusa Indah. Tekhik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian angket, Observasi, dan document. hasil penelitian dan pengolahan data, dapat diketahui bahwa nilai Pre test Lhitung sebesar 0,079 dan post test Lhitung sebesar 0,107. taraf signifikasi = 0,05 dan n = 30, Ltabel sebesar 0,161. Karena L0 â Ltabel. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan statistic uji t dependen dengan = 0,05, table distribusi t diperoleh ttabel(dk; 1- ) = ttabel(29; 0,975) = 2,04, kriteria pengujian Tolak H_0 jika thitung > ttabel dimana ttabel didapat dari daftar distribusi t dengan dk = n - 1 dengan peluang (1 - ), dalam keadaan lain Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual (film kartun) terhadap keterampilan berbicara anak. Sedangankan keterampilan berbicara anak tanpa menggunakan media audio visual (film kartun) tidak terdapat pengaruh. Hal ini dapat di buktikan oleh skor rata-rata pre test = 1919 dan skor rata-rata post test = 2586, serta pengujian hipotesis yang menggunakan uji t dependen yang menerangkan bahwa thitung = 20,46 > ttabel = 2,04, artinya bahwa (thitung > ttabel ) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingaa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio Visual (film Katun) berpengaruh terhadap keterampilan berbicara anak kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci ;Media Audio visual, Keterampilan Berbicara
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011