SKRIPSI

Penulis / NIM
EMIL M. MAGU / 211405046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Emil M. Magu. Nim 211 405 046 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas X-2 SMA Negeri 4 Gorontalo”. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Z. Bowtha, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi obyek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 SMA Negeri 4 Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada 28 siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Adapun kemampuan akademik siswa dikelas ini rata-rata cukup. Berdasarkan hasil penelitian, pengambilan data dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkkan pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, yakni pada siklus I hasil belajar siswa dari 28 siswa keseluruhan jumlah siswa terdapat 21 siswa yang tuntas dalam pembelajaran atau sebanyak 75%. Dengan demikian perlu dilanjutkan kesiklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi. Pada siklus II hasil belajar siswa dari 28 siswa keseluruhan jumlah siswa terdapat 25 siswa yang tuntas dalam pembelajaran atau sebanyak 89,29%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “jika dalam pembelajaran IPS Ekonomi guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka hasil belajar siswa akan meningkat”, dapat diiterima. Dan diharapkan bagi guru, untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011