SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI RAHAYU DAI / 211408035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK Sri Rahayu Dai 211 408 035. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII B dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo” (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Tolangohula). Skripsi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, yakni pada Siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 69.27 dan ketuntasan klasikal sebesar 63.33%. Pada Siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,20 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan Model Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri I Tolangohula Kabupaten Gorontalo dapat diterima” Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011