SKRIPSI

Penulis / NIM
YUDIONO KURNIAWAN / 211408045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Yudiono Kurniawan. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII A SMP Negreri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Raflin Hinelo, S.Pd.,M.Si, dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.ag.,M.Ag Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa akan meningkat ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1Wonosari Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari langkah-langkah persiapan/perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan/observasi dan evaluasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan materi kelangkaan sumber daya ekonomi. Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa pada siklus I pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi rata-rata kelas 75,47 % dari 17 siswa. Siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 13 siswa atau 76,47 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah berjumlah 4 orang atau 23,53 % dengan daya serap 75,29 %. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 15 orang atau 88,24 % dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah 2 orang atau 11,76 % dengan daya serap 85 %. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa maka hipotesis tindakan ” Jika guru dalam proses belajar mengajar untuk mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Dapat diterima. Kata kunci : Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011