SKRIPSI

Penulis / NIM
ISMI FARIDA NUR KOBANDAHA / 211408186
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Ismi F.Nur Kobandaha. 211408186. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII OT SMP Negeri 2 Telaga”, Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Ekonomi Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Bimbingan Bapak, Drs. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu, Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah yaitu Apakah melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII-OT Di SMP Negeri 2 Telaga ?” Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 18 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses dan variabel output. Tahapan penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis tindakan yaitu dengan menggunakan persentase berdasarkan indikator keberhasilan siswa yang telah di tetapkan. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang berbunyi ”Jika digunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS Terpadu, maka hasil belajar siswa kelas VIII OT di SMP Negeri 2 Telaga akan meningkat dan dapat diterima”,karena didukung dengan analisis data sebagai berikut: 1) Siswa yang memperoleh nilai minimal 75 pada saat observasi awal 55,56% menjadi 72,22%, hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,34% pada siklus II. 2) Hasil pengamatan kegiatan guru untuk kriteria sangat baik dan baik meningkat dari 76,47% hasil siklus I, menjadi 82,36% pada hasil siklus II. 3) Hasil pengamatan kegiatan siswa untuk kriteria sangat baik dan baik meningkat dari 75% dari hasil siklus I, terjadi peningkatan 87,5% pada hasil siklus II. Kata Kunci: Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011