Penulis / NIM
MEIS AMELLIA AHMAD / 211408207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Abstrak
ABSTRAK
Meis Amellia Ahmad. Nim:211408207. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) DI SMP NEGERI 3 BOLAANG UKI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN. 2012. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Imran R. Hambali, S.Pd, SE, MSA dan Pembimbing II Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 3 Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow tahun ajaran 2011/2012. Dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pemilihan sampel yaitu siswa kelas VIIa dan kelas VIIb. Sampel dikelompokan menjadi dua kelompok eksperimen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional.
Pengukuran hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk tes objektif. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan t-test untuk menguji perbedaan yang signifikan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS (Ekonomi), dimana hasil belajar siswa lebih tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) daripada model pembelajaran konvensional. Dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) siswa lebih aktif serta cepat memahami dan mengerti materi yang diajarkan guru. Sedangkan model pembelajaran konvensional siswa belum cukup aktif, proses pembelajaran berpusat pada guru dan lebih mengutamakan keluasan materi.
Kata Kunci: STAD, Konvensional, dan Hasil Belajar.
v
Download berkas