SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD BASYIR KUNDJU / 221409007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Muh. Basyir Kundju "Penerapan Strategi Pembelajaran Afektif Pada Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai-Nilai Pancasila di Kelas VIII SMP Negeri I Tapa ", Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa tentang nilai-nilai pancasila pada mata pelajaran PKn melalui strategi pembelajaran Afektif di Kelas VIII SMP Negeri I Tapa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri I Tapa. Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran afektif maka pemahaman belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada pemahaman belajar siswa yaitu pada siklus I pertemuan pertama hanya 37% pada siklus II pertemuan pertama menjadi 85%. Oleh karena itu jika guru menerapkan strategi pembelajaran afektif maka pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji dan dapat diterima. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Afektif, Pemahaman Siswa
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011