Penulis / NIM
ADRIANTO MII / 221409015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Adrianto Mii, ''Penerapan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa di Kelas VIII Tata Niaga SMP Negeri 2 Telaga'', Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pkn melalui metode pembelajaran quantum learning. penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Telaga pada kelas VIII Tata Niaga dengan jumlah siswa sebagai objek penelitian yaitu 22 orang terdiri dari 4 siswa dan 18 orang siswi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu metode deskriptip, dengan menggunakan alat pengumpul data berupa lembar observasi/pengamatan kegiatan belajar mengajar dan hasil tes belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran.
Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Learning maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. hal ini terlihat pada siklus 1 pertemuan 2 hasil siswa hanya 60% menjadi 87% pada siklus 1 pertemuan 2. oleh karena itu jika guru menggunakan metode quantum learning maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji dan diterima.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Pembelajaran PKn, Quantum Learning
Download berkas