SKRIPSI

Penulis / NIM
MUARIF PATILIMA / 221409029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Muarif Patilima. 221409029. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC akan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas XII SMA Negeri 2 Kota Gorontalo?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe CIRC pada pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe CIRC hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus I pertemuan kedua sebagai refleksi dari siklus I pertemuan pertama. Pada siklus I pertemuan kedua terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa yaitu dari 73.52 % meningkat menjadi 91.17 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Kata kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran cooperative integrited reading and composition
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011