SKRIPSI

Penulis / NIM
RITA R. HARUN / 221409057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dngan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Learning pada Mata Pelajaran PKn di kelas X SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam 1 siklus 2 kali pertemuan, dengan mengikuti langkah-langkah PTK yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap hasil yang diperoleh untuk melakukan perbaikan pada siklus lanjutan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan mernggunakan Model Reciprocal Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas X SMK Gotong Royong Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Learning
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011