SKRIPSI

Penulis / NIM
MARYAM KUE / 221410023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
A B S T R A K Maryam Kue (Iyam) 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Scientifik Model Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini apakah Pendekatan Scientifik Model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, dengan. pemecahan masalah melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sientifik model Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Sientifik model Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dengan manfaat bagi siswa untuk meningkatkan motivasi belajar Bagi guru bermanfaat membiasakan melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hasil belajar siswa terutama mata pelajaran permasalahan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan bagi lembaga sekolah sebagai masukan dalam meningkatkan kompetensi guru terutama kompetensi profesional guru dama pembelajaran. Hasil Penelitian menujukkan bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dapat menggunakan pendekatan Scientifik model Jigsaw. Pada Siklus I, telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, yaitu siswa yang tuntas sebanyak 17 orang atau 77,3%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang atau 22,7%. Pada Siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu siswa yang tuntas menjadi 20 orang atau 90,9% sedangkan siswa yang tidak tuntas tinggal sebanyak 3 orang atau 9,1%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientifik Model Jigsaw
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011