Penulis / NIM
MIRNAWATI ARIFIN / 221410164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Mirnawati Arifin, Nim, 221 410 164 "Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarnegaraan Melalui Model Prediction Guide Di Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kabila". Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Prediction Guide, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Kabila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, melalui model Prediction Guide yang dilaksanakan dalam 1 siklus 3 kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran prediction guide.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penyelesaian soal jawab diskusi kelompok. Hal ini ditunjukan peningkatan motivasi belajar siswa siklus I pada pertemuan pertama walaupun belum mencapai target pada pertemuan pertama sudah 40,47% siswa yang mendapatkan kategori hasil baik, pada pertemuan kedua sudah 55,57% siswa yang mendapatkan hasil yang baik, kemudian pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan yang lebih yaitu 85,71% itu berarti sudah mencapai ketuntasan dari target nilai 80%.
Dari hasil indikator kinerja yang telah ditetapkan, minimal 80% siswa dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, ternyata hasil uji kompotensi siklus I pertemuan ketiga lebih baik dibandingkan pertemuan pertama dan kedua.
Kata kunci : Motivasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Prediction Guide.
â
Download berkas