Penulis / NIM
ROSTIN B. ISMAIL / 221410185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
Rostin B Ismail, 2012,“ Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Supervisi Guru PKn DI Diknas Se-Kecamatan Popayato Barat”. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Welly Pangayow M.Pd Ph,D dan Pembimbing II. Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah kepemimpinan Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi guru guru PKn di Kecamatan Popayato Barat . Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Kepemimpinan Kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi khusus pada mata pelajaran PKn. Metodologi penelitian menunjukkan bahwa Kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi guru khususnya pada mata pelajaran PKn SD se-kecamatan Popayato Barat, masih terdapat beberapa guru yang belum siap di supervisi. Salah satu alternatif mengatasi hal ini adalah dengan selalu mengadakan supervisi. Kepala sekolah sebagai penaggung jawab akademik maka harus mencari metode dan cara guru PKn SD se- kecamatan Popayato Barat belum siap di supervisi. Agar hal ini dapat teratasi. sebab pada pelaksanaan supervisi guru mata pelajaran PKn SD tidak bersedia disupervisi apabila kegiatan supervisi tepat pada mata pelajaran PKn. Untuk mencapai tujuan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah maka diperlukan kerja sama dari pihak-pihak yang dapat membantu terselenggaranya supervisi guru pada mata pelajaran PKn SD. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi guru PKn DI Diknas Sekecamatan Popayato barat belum optimal . Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, Supervisi guru PKn SD.
Download berkas