SKRIPSI

Penulis / NIM
MUKRIN DG. SAPARANG / 221411106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Abstrak
ABSTRAK Mukrin Dg.Saparang, 221 411 106 "Kreativitas Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan di SMK Negeri 3 Gorontalo". Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini yakni masih kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif serta menyenangkan di SMK Negeri 3 Gorontalo. Proses pembelajaran di kelas yang pada umumnya lebih menekankan pada aspek kognitif dan telihat jalan ditempat serta lebih monoton dengan metode ceramah, dengan kondisi yang demikian, maka aktivitas dan kreativitas belajar para peserta didik terhambat atau tidak dapat berkembang secara optimal. Sehingga dalam proses belajar tidak akan mengalalami perkembangan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru PPKn dalam pembelajaran di SMK Negeri 3 Gorontalo serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kreativitas untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologis yaitu pendekatan dimana peneliti berusaha memahami arti peristiwa dan kaitannya terhadap orang - orang biasa dalam situasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa guru PPKn di SMK Negeri 3 Gorontalo pada umumnya sudah melakukan perannya didalam proses pembelajaran seperti menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, pengembangan materi ajar, serta mengetahui tingkat kebehasilan siswa seperti melakukan evaluasi. Namun masih terdapat guru yang belum melaksanakan peran sebagaimana mestinya. Upaya yang dilakukan untuk menciptakan kreativitas dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan model yang cocok dengan kondisi siswa, menggunakan media dalam melakukan proses belajar mengajar serta memanfaatkan lingkungan sebagai sarana belajar untuk membuat para siswa lebih aktif dan lebih semangat untuk mengikuti pelajaran. Kata Kunci : Kreativitas, Guru PPKn, Pembelajaran yang menyenangkan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011