SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI A. LATJEA / 221411135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Rahmawati A. Latjea. 221 411 135. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jurisprudental inquiry pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas x ilmu pengetahuan sosial Madrasah Aliah Al-khairaat Popayato Barat Skripsi program studi S1 Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, dibimbing oleh Ibu Dr.Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd dan Ibu Asmun Wantu S.Pd,M.Sc Rumusan masalah dalam penelitin ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran jurisprudental inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas x IPS MA Aliah Al-khairaat popayato barat adapun tujuan dalm penelitin ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jurisprudental inquiry dengan materi hak asasi manusia pada mata pelajaran PPKn di MA Aliah Al-khairaat Popayato Barat. Berdasarkan hasil pengamatan data disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dapat ditingkatkan melalui model pebelajaran jurisprudental inquiry. Pada opservasi awal untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari 22 orang yang masuk dalam kategori ketuntasan hanya terdiri dari 10 orang (45,46%) sedangkan selain dari itu, sekitar 12 orang (54,54%) yang tidak tirmasuk dalam kategori tunts. Kemudian pada pada siklus I pertemuan ke 1 kriteria baik rata-rata 14 orang atau 63,63%. Keudian dilanutkan pada siklus 1 pertemuan ke-2 jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik yaitu 18 orang (81,81%) dari 22 orang jumlah siswa, kemudian dilanjutkan pada siklus 1 pertemuan ke-tiga jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik sudah mencapai 90,90%. Ternyat hasil yang diperoleh telah sesuai dengan indikator keberhasilan minimal terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu 20 atau 90,90%, dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi jika dalam pembelajarn PPKn guru menggunakan model pembelajaran jurisprudental inquiry, hasil belajar siswa kelas x MA Al-kihairaat popayato barat akan meningkat'' dapat diterima. Kata kunci : Hasil Belajr Siswa, Model Pembelajaran Jurisprudental Inqury
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011