SKRIPSI

Penulis / NIM
GEBY MASITA ABDUL / 221412009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Geby Masita Abdul, 2015, Nim 221 412 009, âMeningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran ARTIKULASI Di Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Program Studi PPKn, Fakultas Ilmu social, Universitas Negeri Gororntalo. Pembimbing I Drs.Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd dan Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd. M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Artikulasi yaitu pandai berbicara. Pada penelitian ini, hasil keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai presentase 39% atau 14 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran yang di ajarkan dari 35 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua keaktifan siswa meningkat dari sebelumnya tetapi belum mencapai indikator ketuntasan minimal, pada pertemuan kedua mendapatkan 65% atau 22 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan dari 35 siswa dan setelah dilakukan pertemuan ketiga maka standar ketuntasan kekatifan siswa telah tercapai yakni 89% atau 31 siswa aktif dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil yang sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Artikulasi telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran Artikulasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011