SKRIPSI

Penulis / NIM
ISKANDAR S DJOU / 221412016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK ISKANDAR S. DJOU, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan menggunakan metode pembelajaran Otentik (outentic learning) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH., MH, dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Dalam Penelitian ini ditandai dengan adanya permasalahan-permasalahan yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Maka hal itu Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran otentik Outentik learning di kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pembelajaran otentik (ountentik learning). Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Dalam paparannya melihat hasil dari penelitian siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 68 % atau sebanyak 15 orang siswa artinya masih ada 7 orang siswa atau 32% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus 1 pertemuan 1 maka diadakan siklus 1 pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 18 orang atau 82% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 4 orang atau 18% .sehingga dapat disimpulkan dengan diadakan siklus 1 pertemuan II sebagai perbaikan dari siklus 1 pertemuan 1 maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 82 % atau 18 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 22 siswa dikelas VIII-2. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajran otentik (outentik learning) apabila diterapkan dengan baik maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Metode Pembelajaran Otentik (outentik learning)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011