SKRIPSI

Penulis / NIM
NURDIA / 221412042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Nurdia. 2016, Nim. 221 412 042 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Pada Siswa Kelas £-IX£-^5 di SMP Negeri 8 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH. MH selaku dosen pembimbing I dan Ibu Asmun W.Wantu. S.Pd, M.Sc selaku dosen pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di kelas£- IX£-^5 SMP Negeri 8 Gorontalo ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Double Loop Problem Solving yaitu variasi dari pembelajaran dengan pemecahan masalah dengan penekanan pada pencarian kausal (penyebab) utama dari timbulnya masalah, jadi berkenaan dengan jawaban untuk pertanyaan mengapa. Selanjutnya menyelesaikan masalah tersebut dengan cara menghilangkan gap yang menyebabkan munculnya masalah tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) artinya, peneliti melakukan pelaksanaan tindakan pembelajaran secara langsung kepada obyek penelitian dengan menganalisis dan meningkatkan pemahaman siswa kelas £- IX£-^5 SMP Negeri 8 Gorontalo. Pada penelitiann ini, hasil tes awal pemahaman siswa pada siklus I pertemuan pertama dengan presentase 28.57% atau 10 orang siswa yang telah memahami materi yang diajarkan dari 35 orang siswa. Dengan melihat presentase tidak mencapai titik ketuntasan maka peneliti melanjutkan tes akhir pada siklus I pertemuan ketiga dengan presentase 85.71% atau 30 orang siswa yang mendapatkan pemahaman sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving telah mendapatkan peningkatan yang baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Pemahaman Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011