Penulis / NIM
IRHAM IDRUS / 221413008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
IRHAM IDRUS. 2017. ..."Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chip Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas £-VIII£-^1 MTS Al-Khairaat Dulupi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi di Kabupaten Boalemo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitan ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis dan praktis.
Adapun subjek penelitian tindakan kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi ini adalah 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 76% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 14 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 64% dari ketuntasan yang telah ditetapkan dan pada siklus I pertemmuan II terdapat 18 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 82% . Hasil Pengamatan guru didaam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pembelajaraan Kooperatif Tipe Talking Chip menunjukan bahwa di kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran siklus I pertemuan I mencapai 67% dan pada pertemuan II mencapai 86%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaraan Kooperatif Tipe Talking Chip dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi.
Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chip.
Download berkas