SKRIPSI

Penulis / NIM
IRAWATI MOKOAGOW / 231410049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK IRAWATI MOKOAGOW. Nim 231410049. 2014. Hubungan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 dumoga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Trisnowaty Tuahunse, M.Pd. selaku Pembimbing I dan Bapak Sutrisno Mohamad,S.Pd., M.Pd. selaku Pembimbing II. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui : Pertama apakah hubungan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Dumoga Barat. Kedua untuk mengetahui besarnya hubungan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 5 Dumoga Barat. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang diambil secara random sampling. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah : metode deskripsi dan korelasional yang bertujuan untuk melihat gambaran secara umum mengenai hubungan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ips. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 Variabel yaitu Variabel (X) dan Variabel (Y). pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket yang digunakan memiliki 25 butir pertanyaan dan tes ada 30 soal. Untuk mengetahui korelasional pertanyaan penelitian yang hasil pengujian koefisien korelasi diperoleh harga r = 0,78 dengan koefisien determinasi sebesar r2 = 60,83%. Artinya variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan terhadap Prestasi belajar siswa sebesar 60,83%, dan sisanya 39,17% oleh variabel lain yang tidak didesain oleh peneliti, misalnya dari lingkungan sekolah, pengelolaan kelas oleh guru, pemberian motivasi, dan peran orang tua. Hasil uji koefisien korelasi yang telah dianalisis, yang dihubungkan dengan kriteria pengujian statistik t bahwa thitung = 7,682 lebih besar dari ttabel = 1,69 atau harga thitung telah berada diluar penerimaan H0, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat Hubungan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMP N 5 Dumoga Barat dinyatakan diterima. Kata Kunci : Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011