SKRIPSI

Penulis / NIM
SINORITA BUKANI / 231410110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. TRISNOWATY TUAHUNSE, M.Pd / 9900982738
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Sinorita Bukani 231 410 110, 2010. "Penerapan Model Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran IPS", "Suatu Penelitian di SMP Negeri 9 Paguyaman Kabupaten Boalemo" (di bawah bimbingan Dra.Hj.Trisnowaty Tuahunse M.pd dan Hj.Yusni Pakaya S.pd M.pd), Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini difokuskan pada pendalaman untuk menggali informasi, pemilihan fokus penelitian ini menggunakan sistematika penulisan kualitatif yang analisis dan ilmiah. Pendekatan kualitatif berguna untuk menggambarkan suatu kondisi dalam pembelajaran di kelas. Rumusan masalah adalah bagaimana penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips, faktor-faktor apakah yang menghambat penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips. Tujuan penelitian untuk mengetahui, penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips, faktor-faktor yang menghambat penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis yang bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang berdasarkan pada kenyataan lapangan dan apa yang dialami informan. Sesuai dengan hasil penelitian dan sumber data yang didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips, memang model pembelajaran debat ini sudah diterapkan akan tetapi masih terdapat sebagian siswa yang belum paham dengan materi ips dengan meggunakan model pembelajaran debat sebab model pembelajaran ini kurang digunakan ataupun diterapkan, faktor-faktor yang menghambat penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran ips adalah dimana guru kurang menggunakan metode debat dan lebih terfokus pada satu metode belajar saja, kurangnya tenaga pengajar, minimya ruangan, minimnya buku pelajaran khususnya mata pelajaran IPS, belum tersedianya perpustakaan, serta minimnya sarana dan prasarana yang di sekolah itu sendiri sebab sekolah menengah pertama tersebut masih dalam satu atap dengan sekolah dasar yang ada dilokasi itu sendiri. Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran Debat pada Mata Pelajaran IPS
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011