SKRIPSI

Penulis / NIM
RIKO MAGA / 231411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
ABSTRAK Riko Maga, 2015 upaya meninkatkan hasil belajar IPS sejarah dengan melalui penerapan metode pembelajaran problem selving di SMP 5 tolinggula sejarah ( Suatu penelitian tindakan kelas di SMP 5 tolinggula).'' Skripsi jurusan pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd dan HJ. Yusni Pakaya, S. Pd, M. Pd Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VII ( tuju ) SMP Tolinggula Tahun ajaran 2016/2017. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 31 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk memotivasi siswa pada materi kerajan bercorak agama hindubudha di Indonesia, dan (b) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Masuk dan kerajan bercorak agama hindu-budha diIndonesia. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, berdasarkan hasil observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I, II. Demikian juga dengan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 90.3% pada materi kerajan bercorak agama hindu-budha di Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Demikian hipotesis upaya meninkatkan hasil belajar dengan menerapan metode problem solving yang dipadukan dengan cerama berpariasi Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran problem solving
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011