SKRIPSI

Penulis / NIM
IIN PANIGORO / 231413025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
SUTRISNO MOHAMAD, S.Pd., M.Pd / 0021017405
Abstrak
ABSTRAK IIN PANIGORO/231413025/Skripsi" Internet Sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa". Jurusan S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs.H. Darwin Une M.Pd dan Pembimbing II Bapak Sutrisno Mohamad S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pertama, Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa. Kedua, Faktor yang mendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Pendekatan kualitatif berusaha memahami pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran dapat di lihat dari penggunaan internet oleh guru mata pelajaran sejarah dalam pembelajaran sejarah serta siswa Madrasah Aliyah Negeri Batudaa yang juga memanfaatkan internet sebagai salah satu sumber belajar selain buku. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar salam mata pelajaran sejarah dapat dikatakan cukup efektif dengan segala kemudahan yang di tawarkan oleh jaringan internet ini. Mata pelajaran sejarah yang identik dengan cerita atau narasi membuat siswa menggunakan internet untuk mencari tambahan materi dan mengerjakan tugas dengan mengunjungi situs-situs yang menyediakan informasi yang di butuhkan seperti yahoo ,google dan brillian. Kedua, Faktor yang mendukung pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa yaitu tuntutan tugas dari guru, informasi yang lebih lengkap,valid, lebih uptudate serta memiliki kecepatan akses yang lebih cepat serta biaya yang lebih murah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu internet yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah memberikan andil yang besar bagi siswa, akan tetapi siswa hanya menggunakannya sebagai pelengkap bukan pengganti dari guru dan buku yang merupakan sumber informasi utama mereka disekolah. Berbagai kemudahan yang di tawarkan menjadi faktor pendukung responden menggunakan internet sebagai sumber belajar. Kata kunci: internet, Sumber belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011