SKRIPSI

Penulis / NIM
SILMAN PATAMANI / 231414010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RESMIYATI YUNUS, M.Pd / 0003126215
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Silman Patamani, Nim. 231 414 010. 2014. Hubungan Antara Keterampilan Variasi Mengajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Tilamuta. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd, dan pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keterampilan variasi mengajar dan motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah, selanjutnya untuk mengetahui apakah keterampilan variasi mengajar bisa meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa Variabel Keterampilan variasi mengajar terletak pada kriteria yang baik dengan skor rata-rata sebesar 74,68%. Hal ini menunjukan bahwa guru mata pelajaran sejarah pada SMA Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo memiliki tingkat keterampilan variasi mengajar yang baik dan sesuia sehingga dapat membuat siswa tidak bosan atau bersemangat dalam mengikuti pelajaran sejarah di dalam kelas. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah terletak pada kriteria yang baik dengan skor rata-rata sebesar 71,94%. Hal ini tentunya menunjukan bahwa siswa yang ada pada SMA Negeri 2 Tilamuta Kabupaten Boalemo memiliki semangat belajar yang tinggi. Tingginya motivasi siswa tentunya ditandai dengan aktivitas yang aktif dari siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut sehingga antara guru dan siswa tercipta kondisi pembelajaran yang baik dan saling ada feedback positif dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan , kemampuan guru dalam keterampilan mengajar dapat memberikan ketertarikan siswa terhadap semua mata pelajaran dan siswa dapat menyerap pelajaran yang diberikan guru dengan baik serta guru mengikutsertakan siswa dalam setiap pembelajaran dikelas. Kata kunci: Keterampilan Variasi dan Motivasi Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011