SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDRIS SASTRO / 231414088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SEJARAH
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. DARWIN UNE, M.Pd / 0029115803
Pembimbing 2 / NIDN
YUSNI PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0005107304
Abstrak
Sastro Andris 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Darwin Une, M.Pd dan Pembimbing II Yusni Pakaya, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif statistik sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa yang berjumlah 85 orang. Sampel adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa sekolah dasar se Kecamatan Batudaa dengan jumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa belum terlaksana sesuai pedoman yang tercantum dalam kurikulum 2013. Lima indikator utama yang digunakan sebagai acuan untuk menilai belum maksimalnya implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa meliputi: 1) aktifitas mengamati, rata-rata hasil persentase mencapai 59.24% atau kategori cukup, 2) aktifitas menanya, rata-rata hasil persentase mencapai 58.55% atau kategori cukup, 3) aktifitas mengumpulkan informasi/ eksperimen, rata-rata hasil persentase mencapai 59.55% dengan kategori cukup, 4) aktifitas mengasosiasikan/ mengolah informasi, rata-rata hasil persentase mencapai 59.24% dengan kategori cukup, dan 5) aktifitas mengkomunikasikan, rata-rata hasil persentase mencapai 58.30% dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik belum terimplementasikan dalam pembelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa. Kata Kunci : Implementasi; Pendekatan; Saintifik; pembelajaran; IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011