SKRIPSI

Penulis / NIM
RESTIN BOLIO / 311411028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK Restin Bolio. 2015. Efektifitas Strategi Belajar Picture and Picture dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah efektivitas strategi belajar picture and picture dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat Efektivitas strategi belajar picture and picture dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meode deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif eksperimental. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabel, grafik, dan rata-rata untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan data hasil ketarampilan menulis teks berita yang diperoleh melalui pengukuran pritest dan posttest. dengan desain the one group prettes-posttest design tidak secara random. Penelitian ini menggunakan satu kelas saja untuk dijadikan sampel penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik pretes-postes. Data yang diperoleh diuji menggunakan rumus uji t sampel berhubungan, namun sebelum masuk pada rumus uji t terlebih dahulu data pretest dan posttest di uji normalitas datanya. Hasil analisis uji t sampel berhubungan terhadap data pretest dan posttest menunjukkan, Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t dependen diperoeleh t hitung = 30,187 ternyata lebih besar dari nilai t tabel = 2,05 pada taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti hipotesis nol yang menyatakan rata-rata keterampilan menulis teks berita setelah dibelajarkan dengan strategi belajar picture and picture lebih rendah atau sama dengan rata-rata keterampilan menulis teks berita sebelum diberi perlakuan ditolak. Dengan demikian hipotesis alternative yang menyatakan rata-rata keterampilan menulis teks berita setelah diberi perlakuan dibelajarkan dengan strategi belajarpicture and picture lebih tinggi daripada rata-rata keterampilan menulis teks berita sebelum diberi perlakuan diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar picture and picture efektiv dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi tahun pelajaran 2014/2015. Kata-Kata Kunci : efektivitas, picture and picture, teks beita, hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011