Penulis / NIM
KARMILA I. LADA / 311412104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bahasa slogan pendidikan di SMP dan MTs Se-kota Gorontalo. Dengan rumusan masalah (1) bagaimanakah bunyi bahasa slogan pendidikan yang digunakan oleh SMP dan MTs se-kota Gorontalo? (2) bagaimanakah fungsi bahasa slogan pendidikan yang digunakan oleh SMP dan MTs sekota Gorontalo?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa slogan pendidikan yang digunakan oleh SMP dan MTs se-kota Gorontalo serta fungsinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode ini dipilih dengan maksud untuk memperoleh gambaran yang jelas sesuai dengan kenyataan yang diperoleh melalui pengamatan langsung tentang bahasa slogan pendidikan di SMP dan MTs se-kota Gorontalo. Data-data bahasa slogan pendidikan dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, baca, rekam, dan catat. Data-data yang diperoleh melalui teknik-teknik tersebut dianalisis dengan cara mengubah data lisan menjadi data tertulis, mengklasifikasi bahasa slogan pendidikan berdasarkan fungsinya, mengkaji bahasa slogan pendidikan dan fungsinya, serta menarik kesimpulan tentang bahasa slogan pendidikan dan fungsinya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bahasa slogan pendidikan yang digunakan oleh SMP dan MTs Se-kota Gorontalo sangat bervariasi ada yang hanya beberapa kata, dan ada yang kalimatnya panjang. (2) fungsi bahasa slogan pendidikan terdiri atas (a) menyampaikan informasi kepada khalayak ramai, (b) mempengaruhi orang lain, (c) sebagai imbauan, dan (d) untuk menyadarkan warga melalui pesan singkat.
Kata-kata Kunci: bahasa, slogan, pendidikan.
Download berkas