SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIN KAMUMU / 311413051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK YulinKamumu.2017. Hasil Belajar Menyusun Teks cerpen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Moody Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dulupi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, pembimbing: II Dr. Fatmah AR Umar, M.Pd. Kemampuan menyusun teks cerpen merupakan salah satu kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam pembelajaran. Berkaitan dengan masih banyaknya kesulitan siswa dalam pelajaran keterampilan menulis, penelitian ini berencana mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa menyusun teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Moody pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dulupi tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu hasil tes tulis berupa hasil belajar siswa menyusun teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Moody. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara yakni; membaca, menginterpertasi data hasil belajar siswa, pemberian skor. Hasil dilihat dari jumlah skor yang dicapai dikalikan dengan skor patokan, kemudian dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan. Adapun pemberian nilai menggunakan penerapan acun patokan (PAP). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas XI yang berjumlah 23 orang dalam menyusun teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Moody ini terdapat beberapa kategori nilai. Adapun hasil pekerjaan siswa dalam menulis teks cerpen kategori nilai baik sekali ada 14 orang atau 60,8% dan mendapat skor 100 presentase keberhasilan 44,7%, sedangkan siswa yang termasuk dalam kualifikasi baik 9 orang atau 39,1% dengan memiliki skor 89 presentasi keberhasilan 38,9%. Dapat disimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dulupi dalam menyusun teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Moody dapat dinyatakan mampu dengan nilai rata-rata termasuk dalam kualifikasi baik. Kata-Kata kunci: menulis, teks cerpen, hasil, belajar, menyusun, teks cerpen
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011