SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI KURNIATI MUSA / 311413102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK Sri Kurniati Musa. 2018. Pembelajaran Menyusun Teks Eksemplum pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran menyusun teks eksemplum pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto tahun pelajaran 2017/2018 (2) pelaksanaan pembelajaran menyusun teks eksemplum pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto tahun pelajaran 2017/2018 (3) evaluasi pembelajaran menyusun teks eksemplum pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran, dan proses evaluasi yang digunakan guru dalam pembelajaran menyusun teks eksemplum pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah RPP yang digunakan, pelaksanaan proses pembelajaran, dan proses evaluasi pembelajaran. Sumber data berasal dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Data-data tersebut dikumpulkan dengan cara observasi dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut terkumpul, kemudian dianalisis dengan cara mengidentifikasi komponen-komponen RPP, menganalisis komponen-komponen RPP, mendeskripsikan data hasil observasi, menganalisis data hasil observasi, mengidentifikasi teknik penilaian dan bentuk instrument penilaian yang digunakan guru dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan: (1) RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran menyusun teks eksemplum telah sesuai dengan komponen-komponen RPP yang terdapat dalam permendikbud 103 tetapi keterkaitan antar komponen tidak sesuai, (2) proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran menyusun teks eksemplum tidak sesuai dengan KD yang hendak dicapai, (3) proses evaluasi yang dilakukan guru belum sesuai dengan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran menyusun teks eksemplum. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyusun teks eksemplum pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Limboto Tahun Pelajaran 2017/2018 belum dilaksanakan sesuai KD dan indikator yang akan dicapai. Hal ini dibuktikan oleh (1) keterkaitan isi antara komponen materi, media, kegiatan inti, instrument penilaian yang digunakan tidak sesuai, (2) masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam tahapan-tahapan proses pembelajaran, (3) proses evaluasi dan instrumen penilaian belum sesuai dengan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran menyusun teks eksemplum. Kata-kata kunci: pembelajaran, menyusun, teks eksemplum, rpp, evaluasi
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011