SKRIPSI

Penulis / NIM
SALMA YUNINGSIH DAI / 311413103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan RPP yang digunakan guru, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan strategi kontekstual tipe inkuiri. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data: silabus, RPP, pelaksanaan, evaluasi, aktivitas guru dan siswa. Teknik pengumpulan data: observasi, dokumen, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara mereduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) RPP terdapat KI 2 yang tidak sesuai. Indikator menyusun kembali teks LHO tidak sesuai dengan KD dan tidak relevan dengan sumber belajar, sedangkan indikator mempresentasikan teks LHO tidak sesuai dengan KD. Tujuan dan materi pembelajaran sesuai dengan KD. Metode sesuai dengan KD, indikator dan karakter siswa. Media sesuai dengan materi. Sumber belajar tidak sesuai dengan indikator. Kegiatan pembelajaran mencakup: pendahuluan, inti, dan penutup. Teknik dan bentuk penilaian, serta rubrik penilaian sikap dan evaluasi sesuai, tetapi rubrik penilaian portofolio tidak sesuai. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi kontekstual tipe inkuiri dan metode diskusi. Kegiatan pendahuluan dan penutup belum terlaksana dengan baik. Kegiatan inti, siswa menyusun teks LHO dan mempresentasikan hanya dilaksanakan sesuai dengan kegiatan dalam buku pelajaran, sehingga tidak sesuai dengan indikator dalam RPP. (3) Evaluasi pembelajaran tidak sesuai dengan indikator dalam RPP, tetapi hanya disesuaikan dengan buku pelajaran. Simpulannya, RPP terdapat kesesuaian dan ketidaksesuaian. Pelaksanaan pembelajaran kegiatan pendahuluan dan penutup belum terlaksana dengan baik. Pelaksanaan kegiatan inti disesuaikan dengan buku pelajaran. Evaluasi pembelajaran disesuaikan dengan buku pelajaran. Kata-Kata Kunci: pembelajaran, mengonstruksi, teks, laporan hasil observasi, strategi pembelajaran kontekstual tipe inkuiri.
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011