SKRIPSI

Penulis / NIM
ARINDI NURDEWI / 311414005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Arindi Nurdewi. 2018. "Pembelajaran Menganalisis Isi dan Kebahasaan Teks Drama Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2017/2018". Prodi S1 Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum. dan Pembimbing II: Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) bagaimanakah perencanaan pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama menggunakan metode discovery learning, (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning, (3) apa sajakah hambatan yang dihadapi saat proses pembelajaan menganalisis menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning, (4) bagaimanakah upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama dengan menggunakan metode discovery learning. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif ini, untuk menguraikan menjelaskan dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat kaitannya dengan penelitian ini. Data dalam penelitian ini adalah (1) RPP yang digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) faktor-faktor penghambat, (4) upaya mengatasi hambatan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara, (3) studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa (1) rpp yang digunakan guru telah sesuai, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan penyampaian materi, siswa mendiskusikan drama dan menganalisis isi dan kebahasaan teks drama, (3) hambatan dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama, (4) upaya mengatasi hambatan hambatan tersebut guru memperhatikan kembali rambu-rambu kegiatan dalam RPP, guru dan siswa harus saling berinterasi dengan menitikberatkan pada siswa yang harus lebih aktif. Kata-Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Drama, Menganalisis, Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011