SKRIPSI

Penulis / NIM
FESTIKA R LAMANAW / 411409014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
Festika R.Lamanau, NIM 411409014 " PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI TONALA PADA MATERI HIMPUNAN)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan semesta dan diagram Venn. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri Tonala pada semester pertama untuk tahun pelajaran 2015/2016 dengan rancangan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Tonala. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Tekhnik simple random sampling. Dari sampel yang terpilih, Kelas VIIA menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran yang konvensional pada materi himpunan (pokok bahasan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan semesta dan diagram Venn). Pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes essay. Instrumen ini telah memenuhi syarat validitas butir dan reliabilitas instrumen. Analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Pengujian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan semesta dan diagram Venn. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011