SKRIPSI

Penulis / NIM
USWATUN HASANAH / 411410001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Pembimbing 2 / NIDN
DEWI RAHMAWATY ISA, S.Si., M.Pd / 0007018202
Abstrak
ABSTRAK Uswatun Hasanah, NIM. 411410001. "PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Suatu Penelitian Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas Di Kelas VIII Smp Negeri 8 Gorontalo)". Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I Drs. Perry Zakaria, M.Pd dan Pembimbing II Dewi Rahmawaty Isa, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah pada materi luas permukaan dan volume prisma dan limas. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo dengan rancangan Postest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik Cluster Simple Random Sampling. Dari Hasil pengundian terpilih kelas VIII-6 sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya dan kelas VIII-5 sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Dengan kata lain metode pembelajaran tutor sebaya lebih unggul dari pada metode ceramah. Kata kunci : Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011