SKRIPSI

Penulis / NIM
INTI POPIRTASARI LANUR / 411410015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DR. TEDY MACHMUD, M.Pd / 0025086907
Pembimbing 2 / NIDN
NURSIYA BITO, S.Pd, M.Pd / 0022038003
Abstrak
Inti Popirtasari Lanur. 2014. Pengaruh model problem based Instruction Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Negeri 15 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Teddy Mahmud, M.Pd dan Pembimbing II Nursya Bito, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematik siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi ini di ambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen test kemampuan koneksi matematika siswa dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempresentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t dua sampel bebas untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif di peroleh bahwa nilai rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan kemampuan koneksi matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Sedangkan berdasarkan analisis inferensial di peroleh bahwa nilai thitung lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H0 di tolak. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematika, Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan Model Pembelajaran Langsung.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011