SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR ATIKA OKA / 411410046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SYAMSU QAMAR BADU, M.Pd / 0003066007
Pembimbing 2 / NIDN
KHARDIYAWAN A Y PAUWENI / 0006118601
Abstrak
NUR ATIKA OKA , 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Boliyohuto''. ( Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Boliyohuto T.P 2013-2014 )''. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd dan pembimbing II Khardiyawan A.Y Pauweni, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan gambaran tentang pengaruh hasil belajar siswa yang dilihat melalui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi geometri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan Posttes-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Boliyohuto, dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Boliyohuto T.P 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Dari pengambilan sampel diperoleh kelas X.A sebagai kelas ekperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran berdasarkan masalah dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kelas X.G sebagai kelas kontrol atau diberikan pembelajaran konvensional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa diukur melalui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi geometri. Data ini dikumpul dengan menggunakan Instrumen tes yang berbentuk essay. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan Uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Geometri.
Download FILE

ARSIP

2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011